Prosa Ria

UNSUR-UNSUR INSTRINSIK PROSA

  1. TEMA adalah inti atau ide pokok sebuah cerita. Contoh tema adalah kasih sayang, hormat menghormati, saling menghargai, sosial ekonomi, dll.
  2. ALUR adalah jalan cerita atau rangkaian cerita. Macam-macam alur adalah ALUR MAJU dan ALUR MUNDUR. Alur maju menceritakan masa sekarang menuju ke masa depan. Alur mundur menceritakan peristiwa dari masa lampau menuju ke masa kini. Di dalam alur secara umum diceritakan PERKENALAN→PERISTIWA→KONFLIK→PENYELESAIAN MASALAH
  3. LATAR/SETTING adalah tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa yang dialami tokoh. Latar ada empat, yaitu LATAR TEMPAT= ruang kelas, sekolah, rumah, pasar dll; LATAR WAKTU= pagi, siang, sore, malam, petang; LATAR SUASANA= saat ayam berkokok, ketika kelelawar beterbangan, saat terik mentari, kala senja; LATAR SOSIAL= di lingkungan masyarakat Jawa, Thionghoa, Arab, dll.
  4. PENOKOHAN adalah cara pengarang mengembangkan dan menggambarkan watak tokoh dalam cerita. Contoh watak: baik, buruk, kejam, bengis, suka menolong.
  5. TOKOH adalah pelaku cerita
  6. SUDUT PANDANG adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Macam sudut pandang : SUDUT PANDANG ORANG I (pengarang berperang langsung dalam cerita, sebagai orang pertama, ditandai dengan tokoh AKU), SUDUT PANDANG ORANG III (pengarang sebagai pengamat, ditandai dengan tokoh DIA, nama orang).
  7. AMANAT adalah pesan moral yang disampaikan melalui cerita.
  8. GAYA BAHASA adalah bahasa yang digunakan dalam bercerita. Berfungsi untuk menciptakan suatu nada atau suasana tertentu yang mampu memperlihatkan hubungan antartokoh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s